Minggu, 26 Februari 2017

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN RADIO KOMUNITAS


PEMBENTUKAN TIM PELAKSANA PEMBANGUNAN RADIO KOMUNITAS.
Sertakan orang lokal yang menguasai elektronik, kesenian, pemandu dialog baik yang berasal dari relawan, tokoh, atau masyarakat umum

DISKUSI PERENCANAAN PEMBANGUNAN RADIO KOMUNITAS DENGAN PIHAK TEKNISI RADIO. Pokok bahasan diskusi sekitar peralatan yang diperlukan, cara perakitan alat, cara penggunaan alat untuk penyiaran, pem-buatan rekaman, ijin siar, caramemproduksi paket-paket siaran dll.

MENDIRIKAN ATAU MEMBANGUN RADIO KOMUNITAS.
Sumber dana, lokasi, peralatan, nama radio Komunitas harus disepakati oleh warga masyarakat, dan ditekankan merupakan milik bersama, baik perencanaan materi siaran dan pelaksanaan siaran dilakukan secara bersama.
 
MENGISI PAKET SIARAN.
Untuk mengisi atau membuat paket-paket siaran radio komunitas, didasarkan pada hasil identifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Setelah ditetapkan jenis siaran (dialog, humor, seni rakyat, drama, dll), maka harus direncanakan proses produksi siaran, dana, waktu dan penanggung jawab tiap paket siaran.


Evaluasi untuk Radio KOMUNITAS dilakukan secara partisipatif. Lebih utama dilakukan pada saat Rembug Warga dilaksanakan..! 


Hal terpenting yang harus diperhatikan Radio Komunitas harus mempunyai izin penyiaran dari pemerintah.

1 komentar:

Tolong info yang lebih terperinci tentang langkah awal yang harus kita mulai dalam membentuk radio komunitas dalam wilayah ancaman bencana meletusnya gunung berapi dalam bentuk logframe

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog radione wong tani, saran dan pendapat sangat kami harapkan.